Senin, 18 Januari 2016

Cara Ternak Cacing

Cara Ternak Cacing


Para sahabat kali ini saya akan berbagi cara tentang bagaimana cara ternak cacing tanah yang simpel dan benar, mari kita simak.

Langkah pertama yang harus dilakukan membuat Kotakan atau bak dari kayu atau pun bambu. Untuk ukuran panjang dan lebarnya tidak ada patokannya, tetapi sesuaikan dengan tempatnya. Semakin lebar dan panjang tempat akan menghasilkan cacing yang banyak juga, jadi luas tempat untuk ternak cacing ini mempengaruhi lama dan jumlah cacing. bahan yang bisa digunakan diantaranya adalah bisa kayu, bambu, semen, kaca dll. Tempat cacing ini lebih baik dibuat bertingkat, agar lebih menghemat lahan untuk melakukan budidaya cacing.
kandang cacing tanah


Langkah kedua adalah membuat habitat atau tempat untuk hidupnya cacing tanah / habitatnya.
bahan yang simple dan mudah untuk diaplikasikannya adalah dengan menggunakan salah satu dari limbah grajen, onggok aren, debog pisang, jerami, sisa baglog jamur yang sudah tidak tumbuh jamurnya. kemudian disiram dengan air dan di diamkan selama kurang lebih dua minggu, untuk proses fermentasi, untuk mempercepat proses fermentasi bisa ditambahkan bakteri atau ditambah tetes tebu. Pastikan kelembapan media berkisar antara 15% sampai 20%, dan pH berkisar antara 6-7.
kemudian langkah berikutnya setelah dua minggu masukkan bibit cacing ke dalam media tersebut, dan dilakukan perawatan.

Langkah ketiga memberikan makan pada cacing. apa makanan untuk cacing ini?? makanan nya sangat mudah untuk ditemukan sobat. Makanan yang biasanya diberikan adala ampas tahu, atau limbah padat dari produksi tahu. selain itu juga bisa diberikan sisa sisa limbah rumah tangga, sayur-sayur bekas, sayur busuk, dan kotoran hewan juga bisa.

langkah keempat adalah saat yang ditunggu tunggu, yaitu Panen. Pemanenan dilakukan setelah berlangsung sekitar 3 bulanan, tapi ya sesuai dengan kondisi dan populasi cacing tersebut. cara memanen cacing bisa dilakukan dengan cara berikut: 

  1. Membalik media hidup dan mengambil cacing
  2. Menggunakan sumber cahaya untuk memancing cacing ke atas atau permukaan
  3. Pemisahan cacing dewasa dan telur cacing perlu dilakukan
  4. Telur cacing ditaruh di media hidup agar menetas lagi selema kurang lebih 2 hingga 3 minggu.
Demikian cara untuk ternak cacing tanah, semoga bermanfaat dan bisa membantu para pemula untuk melakukan bisnis budidaya cacing tanah ini, kemudian dijual untuk dimanfaatkan oleh masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar