Selasa, 05 Januari 2016

Manfaat Cacing Tanah Untuk Ternak Burung kicau

Manfaat Cacing Tanah Untuk Ternak Burung kicau

Bagi peternak burung kicau, seperti burung anis, burung kacer, burung murai batu, dll, harus mengetahui tentang budidaya cacing tanah ini. Apakah kegunaan cacing tanah ini untuk burung kicau??.

Cacing tanah memiliki kandungan protein yang sangat tinggi hingga mencapai 72% dalam tubuhnya. Dalam protein yang bisa dikategorikan murni tersebut terdapat kandungan zat arginin 10,7%, tryptohan 4,4% dan tyrosin 2,25%.

Fungsi arginin pada burung adalah bisa melemaskan otot dan melebarkan pembuluh darah. Arginin dapat meningkatkan birahi burung, mengurangi risiko kemandulan dan mengurangi risiko telur kosong. Selain itu, arginin juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh burung terhadap serangan penyakit. Tryptophan dapat mencegah burung dari stress akibat gangguan eksternal serta membantu pertumbuhan burung. Sedangkan tyrosin bermanfaat membantu proses pembuahan untuk burung betina, serta menggenjot proses reproduksi hormon testosteron pada tubuh burung jantan. 

Dilihat dari kandungan cacing tanah tersebut, maka sangat lah diperlukan cacing tanah untuk mendampingi para peternak burung kicau dalam memenuhi nutrisi dan hormon bagi burung indukannya. Untuk burung yang tidak doyan cacing harus dilatih untuk mau makan cacing, karena ini sangat pentik untuk melakukan breeding / peternakan burung, terutama murai batu.

Namun perlu diketahui, bahwa memberi makan cacing tanah juga memberikan efek samping yang buruk bagi burung anda, kenapa demikian???.. hal tersbut terjadi jika memberikan cacing secara berlebihan, karena dalam tubuh burung akan menjadi berlebihan protein sehingga suhu tubuh burung akan meningkat dalam waktu yang lumayan lama sehingga bulu bulu akan rontok. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar