Selasa, 22 Desember 2015

Manfaat Cacing Tanah Bagi Tanaman

Manfaat Cacing Bagi Tanaman

tidak jauh lagi dari cacing yang bentuknya menjijikkan tapi mempunyai peran penting dalam pertanian. cacing tanah merupakan hewan pembajak tanah alami, kenapa begitu?? karena cacing tanah bisa menyuburkan dan menggemburkan tanah suatu lahan. cacing tanah dapat mengubah tanah yang gak subur menjadi subur, dengan cara mencerna bahan organik dalam tanah menjadi banyak nutrisi bagi tanaman.

nutrisi yang dihasilkan cacing adalah berupa kotoran cacing (kascing), kascing ini banyak sekali mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. cacing tanah bisa membuat lubang didalam tanah hingga kedalaman 1 meter, sehingga drainase dan aerasi dalam tanah, akibatnya tanah menjadi gembur.

dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas cacing tanah dapat meningkatkan kesuburan tanah, dengan meningkatnya kadar N P K dalam tanah.

dengan adanya cacing tanah, akan mempermuda tanaman untuk memperoleh kebutuhan unsur haranya, mengapa demikian? karena cacing membawa unsur hara dari dalam tanah menuju ke permukaan tanah, dengan cara mengeluarkan kotorannya di atas permukaan tanah. dengan demikian tanaman tidak perlu memanjangkan akar ke dalam tanah untuk mencari unsur hara, karena sudah tersedia di bagian permukaan.

dengan budidaya cacing tanah atau ternak cacing tanah kita juga bisa menghasilkan kascing atau kotoran cacing untuk dijadikan pupuk organik bagi tanaman. selain murah pupuk kascing juga bisa menyuburkan tanaman, tidak kalah dengan pupuk kimia lainya.

1 komentar: