Sabtu, 05 Desember 2015

BUDIDAYA CACING TANAH

Budidaya Cacing Tanah

Sudah tidak asing lagi di telinga kita kalau mendengar kata cacing tanah, hampir semua kalangan mengenal apa itu cacing tanah. Cacing tanah merupakan hewan avertebrata yang termasuk dalam filum Annelida. Pada dasarnya cacing tanah adalah organisme saprofit, bukan parasit dan tidak butuh inang, ia murni organisme penghancur sampah. Jenis cacing yang umum dikembangkan di Indonesia adalah Lumbricus rubellus.

Dari morfologinya, cacing tanah mempunyai panjang antara 80 – 140 mm. Tubuhnya bersegmen-segmen dengan jumlah antara 85 – 140. Segmentasi tersebut tidak terlihat jelas dengan mata telanjang. Yang terlihat jelas di bagian tubuhnya adalah klitelum, terletak antara segmen 26/27 – 32. Klitelum merupakan organ pembentukan telur. Warna bagian punggung adalah coklat merah sampai keunguan. Sedangkan warna bagian bawah adalah krem. Pada bagian depan terdapat mulut, tak bergigi. Pada bagian belakang terdapat anus.

Cacing tanah tidak jelas antara jenis kelamin jantan dan betina, karena hewan ini adalah hermaprodit yaitu dalam satu tubuh terdiri atas kelamin jantan dan kelamin betina, namun hewan ini tidak bisa melakukan perkawinan sendiri

Manfaat dari cacing tanah sangat banyak sekali, Cacing tanah dapat membantu mengolah sampah dapur menjadi kompos yang baik untuk tumbuhan. Cacing tanah mampu mengubah bahan organik yang dimakan menjadi kotoran (castings). Kandungan urea dalam urine cacing adalah pupuk alami yang baik. Terlebih kotoran cacing mengandung nitrogen, fosfor, magnesium, potasium, dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tanaman.
Tubuh cacing tanah yang terdiri atas 70% protein adalah sumber makanan bergizi tinggi bagi hewan ternak dan peliharaan seperti ayam, bebek, ikan, sidat, dan burung.
Kegiatan menggali yang dilakukan cacing tanah mampu menciptakan sistem drainase alami, meningkatkan jumlah udara dan air dalam tanah sehingga tanah menjadi lebih gembur dan baik untuk ditanami semua jenis tanaman.

dari hal tersebut maka budidaya cacing tanah atau ternak cacing ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. disisi lain permintaan pasar juga terus menerus membutuhkan cacing tanah untuk keperluan mereka, diantaranya adalah sebagai pakan burung, pakan bebek, pakan ikan, dll, selain itu kotoran dari cacing tanah ini bisa dijadikan pupuk organik bagi tanaman.
jual cacing tanah untuk pakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar