Jumat, 11 Desember 2015

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

jaman sekarang kesehatan sangat mahal harganya, hal ini disebabkan karena banyaknya penyakit yang siap untuk menyerang ketahanan tubuh kita. penyakit saat ini aneh aneh namanya, banyak penyakit-penyakit baru yang sudah ditemukan, dan mungkin juga masih banyak yang belum diketahui. maka dari itu perlu diri kita untuk bisa menjaga tubuh kita dari serangan penyakit. disisi lain obat yang ditemukan juga aneh aneh,yaitu diantaranya dengan menggunakan hewan cacing tanah. ternyata hewan yang kebanyakan kalangan melihatnya sebagai hewan yang menjijikkan, akan tetapi memiliki kandungan yang sangat banyak, dan berguna untuk kesehatan.

cacing tanah memiliki banyak kandungan protein, Cacing tanah jenis rubellus yang biasa dijadikan obat memiliki kadar protein sekitar 76%. selain kandungan protein cacing tanah juga memiliki kandungan asam amino sebanyak 17%, karbohidrat 45%, serta kandungan lemak dan abu yang hanya 1,5%.

manfaat cacing tanah antara lain
1. sebagai obat tifus 
penyakit tifus ini disebabkan oleh bakteri salmonella tifosa, yang mengganggu pencernaan dalam usus manusia. dengan mengkonsumsi cacing ini bisa menghambat perkembangan bakteri tersebut. umtuk mengkonsumsi cacing ini bisa direbus terlebih dahulukemudian dibuat bubuk cacing tanah dan nantinya bisa diminum dengan madu.
2. Antipiretik
cacing tanah bisa digunakan untuk mengatasi demam yang tinggi. dalam ekstrak cacing tanah mengandung nitrogen yang bersifat basa, kandungan tersebut bisa mengurangi demam tinggi.
3. obat diare
diare disebabkan oleh bakteri E coli yang menyerang sistem pencernaan pada manusia. dengan mengkonsumsi cacing tanah maka bakteri akan terhambat pertumbuhannya, karena cacing tanah bertindak sebagai antibakteri.
4. melancarkan sirkulasi darah
cacing tanah mengandung enzim yang bisa menghancurkan lemak jahat yang berada dalam area sirkulasi darh, sehingga darah akan lancar bersirkulasi
5. menenangkan syaraf
6. melancarkan pencernaan
7. menyehatkan kulit
8.menyembuhkan luka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar