Kamis, 17 Desember 2015

CARA BUDIDAYA CACING TANAH

Cara Ternak Cacing Tanah

Membudidayakan cacing tanah merupakan suatu hal yang unik, cara membudidayakannya juga gak terlalu susah. Hal yang sangat perlu diperhatikan dalam budidaya cacing atau ternak cacing ini adalah medianya. Berikut beberapa hal yang diperlukan dalam melakukan budidaya cacing tanah.
Hal pertama yaitu dengan membuat rumah atau kandang cacing/ tempat hidup cacing. Rumah cacing dibuat kotak seperti kolam, atau bisa dibuat dengan kotakan dengan kayu atau bambu dengan diberi alas karung atau terpal, dan bisa dibuat bertingkat agar lebih menghemat lahan.
rumah cacing tanah

yang kedua mempersiapkan media cacing tanah, media yang bagus digunakan untuk budidaya cacing tanah adalah bahan yang gembur, lunak dan yang organik. misalkan seperti bekas log jamur atau onggok aren (ampas tepung aren), dengan keadaan yang lembab.
media cacing tanah


ketiga menyiapkan bibit cacing tanah atau indukan cacing, ada beberapa jenis dari bibit cacing tanah ini, ada yang jenis tiger mmc, dll. indukan cacing bisa didapatkan dari alam dan bisa juga beli bibit cacing dari peternak cacing.
jual cacing tanah


keempat menyiapkan makanan yang dibutuhkan, 
a. Limbah Organik Rumah Tangga misalnya adalah nasi yang sudah basi, kulit buah, sayuran yang tidak termakan, kupasan kulit kentang, wortel, bawang, batang kangkung dll.
b. Limbah Organik Home Industri log jamur , limbah di pasar tradisional, limbah kulit buah, limbah hasil dapur rumah makan, limbah pati dll.

kemudian dilakukan perawatan rutin dengan melakukan pembersihan lingkungan, mengambil kotoran cacing tiap minggunya,dan memberikan makan tiap harinya (kondisional), dan dipanen setelah 4 bulan pembibitan, dengan mengambil 25% dari keseluruhan cacing. Demikian cara dan teknik budidaya cacing tanah, semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar