Senin, 25 April 2016

Cara Pemeliharaan Media Cacing Tanah

Pemeliharaan Media Cacing Tanah

Untuk merawat agar cacing tetap sehat harus dilakukan perawatan tempat hidupnya. Media hidup cacing tanah yang berupa campuran bahan-bahan organikharus dirawat setiap harinya supaya tetap bisa digunakan cacing tanah untuk hidup dan berkembang biak, adapun cara pemeliharaannya adalah sebagai berikut:
1.       Menjaga kegemburan
Untuk menjaga kegemburan media cacing tanah, perlu dilakukan pengadukan media secara berkala. Pengadukan ini dilakukan bilamana bagian permukaan media hidup sudah terlihat kering atau mengeras. Selain itu pengadukan media hidup cacing tanah ini bertujuan untuk menjaga agar pasokan oksigen dan sirkulasi udara dalam media tetap terjaga.


2.       Menjaga suhu dan tingkat kelembaban
Kelembaban media hidup cacing tanah harus tetap dijaga dalam keadaan normal agar cacing bisa berkembang biak dengan normal [15-30%]. Jika media kurang lembab maka bisa dilakukan penyemprotan air pada permukaan media dengan menggunakan penyemprotan air. Selain itu dengan cara menghindarkan dari paparan sinar matahari langsung terlalu lama.


3.       Mengganti media
Media dilakukan penggantian saat sekitar 2 mingguan sekali. Sebagian besar media hidup cacing akan terlihat sudah menjadi seperti tanah, warnanya agak hitam, dan lengket dan bagian permukaannya terdapat kokon [telur cacing]. Tujuan penggantian media ini agar cacing tanah tidak kekurangan bahan organic untuk makanan dalam perkembangannya.

Langkah untuk mengambil kascing ini adalah dengan mengambilnya pada permukaan media, dan jika kokon yang terdapat pada kascing maka harus di ambil dan diletakkan pada media yang nantinya akan menetas sebagai bibit cacing baru.

4 komentar:

  1. Mau tanya mas, apa sekarang masih budidaya cacing tanah.
    Saya mau mencoba tapi gimana cara memulainya bagaimana pemasaranya.
    Mohon petunjuknya.

    BalasHapus