Rabu, 09 November 2016

Kandungan Zat Dalam Cacing Tanah

Kandungan Zat Dalam Cacing Tanah

kandungan gizi 

cacing tanah memiliki kandungan gizi antara lain ada protein 64-76%, kalsium 0,55%, fosfor 1%, serat kasar 1,08%, karbohidrat 17%, lemak kasar 3-10%, dan abu 1,5%. kandungan cacing tanah memang sangat tinggi, lebih tinggi daripada tepung ikan (60,9%), tepung daging (51%), dan tepung kedelai(45%) yang dihitung dari kandungan jumlah nitrogen yang terkandung di dalamnya.

protein yang terkandung dalam cacing tanah mengandung sembilan asam amino esensial yaitu arginin, histidin, leusin, isoleusin, valin, metionin, fenilalanin, lisin dan treonin. selain itu juga mengandung empat asam amino non esensial yang terdiri dari sistin,glisin, serin dan tirosin, semua asamamino tersebut sangat baik bila dikonsumsi manusia. selain mengandung asam amino, cacing tanah juga mengandung beberapaenzim diantaranya adalah enzim lumbrokinase, peroksidase, katalase, dan selulosa, enzim enzim tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

zat antipretik

cacing tanah mengandung zat antipretik yang sangat berperan dalam menurunkan demam.

zat antibakteri

cacing tanah mengandung zat antibakteri yang sangat bermanfaat untuk membunuh pertumbuhan bakteri penyebab penyakit sekaligus menyembuhkannya.

zat antitrombosis (anti pennggumpalan darah)

berkat enzim ini, cacing tanah bisa diguakan sebagai pencegah sekaligus obat untuk penyakit jantung dan struk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar