Rabu, 23 November 2016

Tips Penting Dalam Pemeliharaan Cacing Tanah

Tips Penting Dalam Pemeliharaan Cacing Tanah

Meskipun budidaya cacing tanah terbilang mudah, namun pemeliharaan cacing tanah tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena bisa mengakibatkan pertumbuhan cacing terhambat. berikut adalah catatan penting dalam hal pemeliharaan cacing tanah agar bisa tumbuh dan bereproduksi dengan baik.
  • harus dipastikan bahan bahan organik yang digunakan sebagai media hidup harus bebas dari unsur zat berbahaya. zat berbahaya itu diantaranya adalah termasuk residu pestisida (racun serangga, dsb), hingga logam beratseperti mercury, timbaltembaga, dsb. Apabila unsur zat berbahaya tersebut sampai termakan oleh caing tanah, maka akan terakumulasi ke dalam tubuhnya hingga dalamkonsentrasi yang cukup tinggi. selanjutnya jika cacing tanah tersebut diolah dan sampaidikonsumsi manusia, maka akan menjadi bahaya bagi kesehatan manusia,dan akan mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti kanker, serangan jantung, dll.
  • Semua bentuk tindakan pemeliharaan harus dilakukan dengan hati hati, dari mulai menebar bibit hingga perawatan mencapai panen.
  • selektif dalam memberikan makanan, bahan bahan organik yang digunakan media hidup sekaligus makanan cacing tanah haruslah benar benar layak dan bisa dicerna oleh cacing tanah. hindarkan bahan bahan yang bisa mengganggu perkembangan cacing tanah, seperti sabun, dan bahan kimia, daun akasia, ampas teh dan kopi, garam, gual, dan bahan yang mengeluarkan bau bauan tajam,sepertikemangi, dauncengkeh dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar