Senin, 31 Oktober 2016

Hama Cacing Tanah

Hama Yang Menyerang Cacing Tanah

Tidak berbeda dengan budidaya yang lainnya, melakukan budidaya cacing tanah juga tidak lepas dari serangan hama dan pemangsa. Beberapa hama dan pemangsa yang menyerang cacing tanah adalah diantara lain adalah tikus, lipan, tungau, orong orong, katak, tupai, ayam, itik ayam angsa, lintah dan kutu.

Hama hama tersebut menyerang atau mengganggu cacing dengan cara yang berbeda beda. Ada yang menyerang cacing langsung, ada yang mengambil telurnya, dan ada juga yang menjadi parasit pengganggu, dengan ikut memakan nutrisi yang ada dalam media hidup cacing tanah.

Hama Tikus sangat berbahaya bagi cacing, karena bisa langsung menggrogoti media pemeliharaan dan kemudian memangsa cacing tanah yang ada didalamnya beserta telur telurnya.

media cacing tanah
Serangan tikus ini biasanya terjadi pada malam hari atau pada saat keadaan sepi. Untuk mengatasi ini, antara lain bisa dengan memasang umpan beracun,memasasng jebakan, atau menutup kandang.
untuk menghindari semua hama masuk ke media, alangkah baiknya kita mnjaga kebersihan kandang, dan membersihkan kandah dari hal hal yang bisa mengundang hama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar