Rabu, 19 Oktober 2016

Tepung Cacing Tanah

Produk Tepung Cacing Tanah

Banyak manfaat dari tepung cacing tanah ini, diantaranya adalah digunakan sebagai obat yang praktis. Karena jika orang mengkonsumsi cacing yang belum diolah menjadi tepung, kebanyakan mereka merasa jijik,maka dari itu jika cacing sudah diolah menjadi tepung seperti ini maka sudah tidak merasa jijik lagi. selain itu tepung cacing tanah ini bisa menjadi suplemen burung berkicau agar lebih sehat dan burung rajin berkicau. Tepung cacing tanah juga bersifat antidepresi yang dapat membantu menenangkan burung kicauan yang sedang stres.
tepung cacing tanah
Dalam tepung Cacing Tanah terdapat kandungan asam amino paling lengkap? Hal ini dikuatkan penelitian serius yang dilakukan oleh Canada RNA Biochemical, Inc. Tepung Cacing Tanah mampu menjadi obat stroke ampuh sebab mengandung enzim bernama lumbrokinase. Enzim ini memang baik dalam menormalkan tekanan darah. Selain si Lumbrokinase, tepung Cacing Tanah juga mengandung enzim Katalase dan enzim Peroksidase. Keduanya baik dalam menanggulangi banyak penyakit degeneratif semacam diabetes mellitus, rematik dan juga kolesterol.

Tak hanya itu, tepung Cacing Tanah juga diketahui kaya akan enzim Selulase dan Lignase. Keduanya baik dalam membantu kesehatan pencernaan, meringankan maag akut. Terdapat pula senyawa bernama Arachinoid Acid yang diketahui bisa menurunkan suhu tubuh dan memiliki senyawa yang bisa menghambat aktifitas salmonella typhimuroium, staphyloccus albus bacillus, escherhia coli dan juga lesteria monocytogens. Sifat inilah yang membuat tepung Cacing Tanah ampuh mengusir penyakit tipus dan banyak dipraktekkan di kawasan Afrika

 Tahap pembuatan tepung cacing tanah
  • langkah pertama adalah dengan cara mengeringkan cacing tanah, dengan cara cacing dibersihkan degan air telebih dahulu dan kemudian dibiarkan kurang lebih selam 30 menit, dengan tujuan agar semua kotoran yang ada didalam tubuhnya bisa keluar dengan sendirinya.
  • setelah itu dicuci lagi agar semua kotoran yang keluar tersebut tidak menempel ditubuh cacing tanah, dan kemudian direbus dalam air panas kurang lebih 3 menit, dengan tujuan untuk menghilangkan lendir dari cacing tanah.
  • setelah direbus, cacing dipotong-potong lebih pendek. setelah itu dijemur dibawah sinar matahari atau dioven pada suhu 50 derajad celcius hingga kering
  • cacing yang sudah kering tersebut kemudian digiling dengan mesin penggiling hingga halus, selama penggilingan  cacing kering hingga menjadi tepung cacing tersebut rata rata akan mengalami penyusutan bobot sekitar 5%
Tepung cacing tanah yang sudah jadi kemudian dimasukkan ke dalam karung goni, dan kemudian bisa disimpan kedalam gudang yang tidak lembab, aman dari hewan pemangsa seperti tikus, dan tidak tercemar oleh bakteri atau hewan pengurai, dan sirkulasi udara yang bagus, jika penyimpanan melebihi 3 minggu maka kesegarannya akan berkurang. Kandungan gizi tepung cacing tanah setiap 100 gr adalah kalori: 446,03 kal, protein: 60,03-71,82 g, lemak: 12,40-16,66 g, abu: 0,34 g, Karbohidrat: 8,66-9,99 g.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar