Senin, 17 Oktober 2016

Penjarangan Populasi Cacing

Penjarangan Populasi atau Pemisahan Populasi Cacing

Biasanya setelah jalan sekitar 4 minggu bibit cacing yang telah di tebarkan akan mengalami kemajuan pertumbuhan. yakni bisa dilihat dari ukuran atau bobot tubuh cacing per ekor yang jauh lebih besar dari waktu pertama kali ditebarkan kedalam media pemeliharaan yang digunakan. Apabila hal tersebut sudah terjadi, maka perlu dilakukan penjarangan atau pengurangan populasi.

Penjarangan populasi ini bertujuan sebagai berikut:
  • Untuk menjaga tingkat kepadatan cacing dalam media yang ditempati. Agar perkembangan cacing tanah yang dikembangbiakkan bisa lebih optimal, maka tingkat kepadatan populasi cacing tanah dalam media tidak boleh melebihi 1kg bibit permeter persegi luas wadah pemeliharaan. Maka dari itu harus segera dilakukan penjarangan populasi bila sudah melebihi batas tersebut.
  • Untuk menjaga ketersediaan pakan yang ada dalam media pemeliharaan. Media hidup cacing harus seimbang dengan jumlah atau daya cerna cacing yang hidup didalamnya, karena daya cerna cacing tanah sangat tinggi, yakni bisa menghabiskan bahan makan seberat bobot tubuh mereka bahkan bisa lebih setiap harinya. Apabila tingkat kepadatan terlalu tinggi sedangkan pakan yang tersedia tidak mencukupi atau tidak berimbang dengan jumlah cacing tanah yang hidup di media, maka cacing tanah bisa mengalami gangguan pertumbuhannya lantara unsur gizi yang dibutuhkan tidak mencukupi untuk bereproduksi
Adapun cara-cara penjarangan pupulasi bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Ambil sebagian cacing dalam wadah yang kira-kira kepadatan cacing tanah di dalamnya sudah terlalu tinggi, kemudian masukkan ke dalam wadah lain yang sebagia sudah terisi media hidup dan belum di isi cacing tanah. setelah itu kedua wadah pemeliharaan tersebut ditambahkan media hidup atau sarang baru sampai mencapai volume ideal sesuai dengan ukuran wadah yang digunakan.
  • Kemudian letakkan kembali wadah pemeliharaan ke dalam rak atau ke tempat semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar